Sejarah SI/TI dan perkembangan perangkat lunak dan keras

TUGAS SOFTSKILL

BAB 1 SEJARAH PERKEMBANGAN SI/TI

  1. Sejarah SI/TI

 

  1. SISTEM INFORMASI

Pada awalnya sistem informasi tidak harus dikaitkan dengan teknologi informasi, namun seiring perkembangan jaman, saat ini suatu sistem informasi tidak dapat lepas dari penggunaan teknologi informasi.

Penggunaan teknologi informasi pada suatu sistem informasi mulai berkembang sekitar tahun 1960an. Pada periode tersebut, sistem informasi yang digunakan masih sangat terbatas. Hal ini disebabkan teknologi perangkat keras maupun perangkat lunak masih sangat jauh jika dibandingkan dengan kondisi sekarang. Tujuan utama sistem informasi pada saat itu adalah untuk melakukan otomatisasi proses bisnis yang berjalan pada organisasi.

 

Pada periode sekitar tahun 1970an, sistem informasi sudah lebih berkembang. Perkembangan sistem informasi saat itu didominasi dari sudut pandang data. Teknologi basis data saat itu berkembang cukup pesat. Jadi, fokus utama sistem informasi saat itu adalah penyimpanan dan pengaksesan data. Pada saat itu sistem informasi biasanya masih digunakan pada suatu bagian organisasi, khususnya bagian keuangan. Oleh karena itu, kita sekarang sering kali melihat pada suatu organisasi, departemen/bagian sistem informasi (kadang juga disebut bagian teknologi informasi) berada di bawah departemen keuangan.

 

Pada periode tahun 1980an, sistem informasi berkembang lebih ke arah CSCW (Computer Support Cooperative Work). CSCW adalah aplikasi yang mendukung kerjasama dalam organisasi, misalnya pemanfaatan email, dokumen editor, dan lain-lain. Pada periode ini, sistem informasi mulai mengarah ke bentuk client server. Selain itu, pada periode ini pemanfaatan sistem informasi sudah mulai bertambah luas. Sistem informasi sudah dimanfaatkan pada bermacam-macam bagian organisasi, misalnya bagian keuangan, sumber daya manusia, pemasaran, dan lain-lain.

 

Pada tahun 1990an, internet berkembang sangat cepat. Perkembangan tersebut juga mendorong perkembangan sistem informasi. Sistem informasi mulai dimanfaatkan teknologi internet maupun teknologi web. Pada saat itu usaha untuk membuat suatu sistem informasi yang terintegrasi untuk seluruh organisasi sudah mulai dilakukan. Perusahaan-perusahaan perangkat lunak besar di dunia juga mulai mengembangkan sistem informasi yang disesuaikan dengan best practice yang ada, misalnya aplikasi ERP (Enterprise Resource Planning)CRM (Customer Relationship Management), SCM (Supply Chain Management), dan lain-lain.

 

Pada tahun 2000an, sistem informasi berkembang semakin pesat. Perkembangan ini didorong dengan semakin berkembangan teknologi internet, dengan kapasitas semakin besar dan harga yang semakin murah. Sudah banyak organisasi yang telah mengintegrasikan sistem informasi mereka dengan sistem informasi organisasi lain untuk mendukung kegiatan organisasi tersebut.

 

Pada masa mendatang, sistem informasi akan semakin berkembang lagi. Perkembangan teknologi dan perubahan dunia usaha yang sangat cepat, mendorong organisasi untuk mengembangkan suatu sistem informasi yang mampu beradaptasi dengan cepat menghadapi perubahan tersebut. Sistem informasi tersebut juga harus dapat diintegrasikan dengan bermacam-macam sistem yang lain agar kinerja organisasi menjadi lebih efisien.

 

 

 

  1. Teknik Informatika

 

Komputer adalah sebuah fenomena yang luar biasa dalam sejarah manusia. Komputer jugalah yang menyebabkan adanya teknik informatika. Sejarah komputer bisa kita runut kembali dari 3000 SM. Pada saat itu alat menghitung sudah ada di Cina, yaitu sebuah sempoa yang tebuat dari kayu dan butiran-butiran. Kemudian,  pada tahun 1623 seorang ilmuwan Jerman bernama Wilhelm Schikard menciptakan mesin hitung yang bisa, menambah, membagi, mengurang, dan mengkali. Tetapi mesin penghitung otomatis pertama dibuat oleh Braise Pascal dari Perancis pada tahun 1642. Pada awal abad 19 Joseph Marie Jacquard menumukan punch card pertama yang pada saat itu digunakan pada industri tekstil. Tahun 1842 Ada Lovelace membuat sebuah set instruksi yang menjadi pelopor bahasa pemprograman modern, dengan penemuan ini, Ada dinobatkan menjadi programmer komputer pertama.

Pada awal abad 20 Herman Hollerith dari Amerika menggunakan ide yang hampir sama dengan Jacquard, yaitu sebuah mesin yang membuat dan membaca puch card. Alat ini digunakan pada sensus Amerika dan membuat perhitungan sensus tersebut menjadi empat kali lebih cepat. Hollerith adalah salah satu pendiri International Business Machine (IBM). Pada tahun 1930-an, Howard Aiken mengembangkan Mark I (sebuah komputer penghitung) yang dibuat oleh IBM. Mark I menggunakan relays dan komponen elektromagnetis untuk menggantikan komponen mekanis. Howard juga memperkenalkan komputer pada universitas dengan membuka program ilmu komputer pertama di Harvard University. Sejarah komputer berikutnya ada pada tifa komputer besar yang akan mempelopori komputer-komputer selanjutnya. Tiga komputer itu disebut EDVAC, ENIAC, dan UNIVAC. EDVAC adalah singkatan dari Electronic Discrete Variable Automatic Computer yang dibuat oleh John von Neuman.

Komputer ini adalah komputer pertama yang menyimpan programnya di dalam memori komputer tersebut ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Computer) dibuat oleh John Mauchly dan Presper Eckert Jr, di University of Philadelphia pada tahun 1945. Komputer ini dinobatkan menjadi digital komputer pertama, tetapi komputer ini mempunyai masalah yang sangay besar, lebar dari komputer ini adalah 167 m, dan beratnya lebih dari 27.000 kg. Sedangkan UNIVAC ( Universal Automatic Computer) yang juga dibuat oleh Eckert dan Mauchly, tetapi kali ini di bawah perusahaan Rand Corporation. Keunggulan dari komputer ini adalah bisa diaplikasikan untuk berbagai macam jenis industri.

 

Pada tahun 1948 di Bell Telephone Laboratories, Walter Houser Brattain, John Barder dan Wiliam Bradford Shockley mengembangkan transistor yaitu sebuah alat yang bisa berfungsi sebagai tombol listrik. Setelah ditemukannya transistor tersebut, maka timbullah intergrated circuits, yaitu sebuah chip silicon yang berisi transistor-transistor dan komponen-komponen elektris lainnya yang ditemukan oleh Jack Kilby dan Robert Noyce. Integrated circuits semakin lama semakin mengecil, dan akhirnya menjadi microprocessor yang bisa menampung jutaan transistor. Dengan adanya penemuan ini, maka komputer akhirnya bisa menjadi lebih kecil dan lebih murah. Komputer kecil ini disebut juga dengan istilah personal computer (PC). PC pertama adalah Altair 8800 yang diproduksi oleh Micro Instrumentaiton Telemetry Systems. Altair 8800 menggunakan prosesor 8080, power supply, panel muka dengan lampu yang banyak memiliki memory 256 bytes dan paket ini dipasarkan $395. Komputer pertama ini memberikan ide dengan perusahaan lain untuk membuat aplikasinya, seperti dibuatnya sistem operasi CP/M (Control Profram for Micro prosesor) dan versi pertama program bahasa Microsoft Basic (Beginners All Purpose Symbolic Instruction Code).

Pada saat ini, perkembangan sistem operasi canggih seperti Windows, Mac, OS, dan Linux memungkinkan pengguna komputer untuk menggunakan program dan memanipulasi data dengan cara yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya, semakin lama komputer akan semakin mengalahkan manusia, ini bisa dibuktikan dengan kalahnya Garry Kasparov terhadap Deep Blue (sebuah supercomputer yang dapat memperhitungkan lebih dari 100 juta posisi catur per detik) dalam suatu pertandingan pada tahun 1997. Akhirnya Deep Blue dijadikan prototipe dari komputer masa depan yang harus menyelesaikan masalah-masalah yang kompleks. Komputer belum bisa dianggap melebihi manusia karena komputer tersebut adalah hasil dari suatu program yang dibuat oleh manusia untuk menyelesaikan suatu masalah, tetapi bisa saja suatu saat komputer mempunyai kemampuan untuk belajar dan akhirnya menyelesaikan masalah dengan sendirinya. Itulah sedikit gambaran dari masa depan kita.

 

Untuk mengkaji lebih dalam perkembangan informasi maka perlu dipahami mendalam sejarah teknologi informasi untuk mendapatkan keutuhan ilmu dan pengetahuan tentang teknologi informasi. Sejarah teknologi dapat kita bagi ke dalam masa sejarah dan masa modern.

 

 

 

Penemuan Teknologi Informatika di Masa Sejarah

Tahun Peristiwa
3000 SM Bangsa Sumeria menjadi bangsa pertama yang menemukan tulisan. Tulisan tersebut berupa simbol-simbol yang disebut piktograf.
2900 SM Tulisan Hieroglif dikembangkan oleh bangsa Mesir kuno untuk tujuan berkomunikasi.
2500 SM Abacus merupakan sebuah alat yang dianggap sebagai alat perhitungan digital pertama kali. Belum jelas sumber asli dari abacus atau sempoa ini, diperkirakan berasal dari Babylon, Cina, atau Mesir.
1775 SM Sistem penulisan dari kiri ke kanan dengan menggunakan abjad fonetik yaitu huruf yang dibuat berdasarkan bunyi ucapan diperkenalkan oleh bangsa Yunani.
1400 SM Bangsa China mulai menuliskan sejarah mereka pada kepingan tulang binatang.
1270 SM Bangsa Suriah telah membuat Ensiklopedia untuk pertama kalinya
900 SM Bangsa China membuat sistem pelayanan pos dan kantor pos yang pertama
776 SM Bangsa Yunani mempergunakan burung merpati untuk mengirimkan informasi
530 SM Pembuatan perpustakaan untuk pertama kalinya oleh bangsa Yunani.
500 SM Bangsa Mesir kuno menggunakan serat pohon papyrus sebagai kertas
105 SM Tsai Lun seorang yang berkebangsaan China menemukan kertas. Kertas tersebut terbuat dari serat pohon bambu yang dihaluskan, disaring, dicuci, diratakan dan kemudian dikeringkan.
14 M Bangsa Romawi secara resmi membuat sistem pelayanan pos
37 M Kaisar Tiberius dari Roma menggunakan cermin sebagai alat mengirim pesan (heliograf).
305 M Mesin cetak pertama yang terbuat dari lempengan kayu ukir diciptakan oleh bangsa China. Sistem pencetakkan dilakukan dengan menggunakan blokm kayu yang ditoreh dan dilumuri oleh tin

 

Penemuan Teknologi Informatika di Masa Modern

Tahun Peristiwa
1450 M Eropa meski belum terbit secara harian koran pertama di dunia mulai beredar.
1455 M Mesin cetak dikembangkan Johann Gutenberg dengan memakai plat huruf dari besi dan dibingkai dengan kayu yang dapat diganti-ganti
1560 M Camera Obscure diciptakan sebagai kamera foto pertama.
1642 M Blaise Pascal ahli matematika dan ahli filsafat dari Prancis membuat Pascal’s Machine Aritmetique (The Pascaline)yang merupakan sebuah alat perhitungan dengan mesin mekanik yang pertama, dan sampai saat ini computer modern masih menggunkan teknik alat ini.
1650 M Di Jerman surat kabar pertama beredar.
1714 M Mesin ketik modern diciptakan oleh Henry Mill dari Inggris.
1793 M jalur telegraf optic jarak jauh dibuat oleh Claude Chappe.
1821 M Charles Whaetstone ditemuakan oleh Microfon untuk pertama kalinya.
1830 M Agusta Lady Byron bekerja sama dengan Charles Babbage menggunakan ide mesin Analytical menulis Program komputer yang pertama.
1831 M Jalur listrik pertama di dunia diciptakan Joseph Henry.
1837 M Samuel F.B. Morse bersama William Cook dan Charles Whaetstone mengembangkan telegraf dan kode Morse
1843 M Mesin Faksimili pertama diciptakan oleh Alexander Bain.
1861 M Kinematoskop sebuah alat untuk memutar slide ditemukan.
1876 M Mesin fotocopi pertama ditemukan Thomas Alva Edison, pesawat telepon ditemukan oleh Alexander Graham Bell. Pada tahun yang sama, sistem pencatatan katalog buku untuk perpustakaan diseluruh dunia yang bernama Sistem Desimal dikembangkan oleh Dewey Melvyl Dewey.
1888 M George Eastman menciptakan gulungan film untuk memotret.
1910 M Film bersuara pertama di dunia berhasil diciptakan Thomas Alva Edison
1923 M Pesawat televisi pertama ditemuakn oleh Vladimir Kosma Zworykin.
1934 M Tape Recorder dikembangkan Joseph Begun.
1936 M Konrad Zuse menciptakan Komputer pertama di dunia dengan nama Z1
1945 M Vannevar Bush mengembangkan kode Hypertext.
1946 M ENIAC 1, komputer digital pertama dikembangkan
1957 M Satelit bumi buatan pertama Sputnik diluncurkan oleh Uni Soviet (Rusia), sedangkan di Amerika terbentuk ARPA (Advanced Research Projects Agency)
1958 M Mesin fotokopi pertama dengan nama Xerox diciptakan Chester Carlson
1963 M Sistem kode pos diciptakan Amerika.
1969 M Cikal bakal adanya Internet diciptakannya ARPANET.
1971 M Diciptakannya Disket pertama di dunia
1972 M Program e-mail pertama diciptakan Ray Tomlinson.
1973 M Lahirnya protokol internet TCP/IP
1979 M Lahirnya jaringan telepon tanpa kabel pertama di dunia dipelopori oleh Jepang.
1980 M Jepang membuat Walkman pertama di dunia oleh Perusahaan Sony.
1985 M Ditemukannya cakram penyimpan data (CD)
1992 M Munculnya WWW oleh CERN (Laboratorium Partikel di Swiss)
1999 M Google.com Muncul sebagai raksasa mesin pencari informasi secara gratis di dunia.

 

  1. Perkembangan Komputer

 

Beberapa refrensi menyebutkan tujuh buah generasi komputer (dengan komputer generasi ketujuh sebagai komputer masa depan), sedangkan refrensi lainnya menyebutkan enam generasi komputer saja (dengan generasi komputer keenam sebagai generasi komputer masa depan).

Pada postingan kali ini penulis menggunakan pertimbangan pemakaian versi enam generasi komputer pertama, di mana komputer generasi keenam sebagai komputer masa depan dan komputer pertama diawali oleh kemunculan komputer – komputer besar seperti misalkan ENIAC. Mesin Babbage tidak di masukkan kedalam generasi komputer manapun. Mesin ini dimasukkan sebagai pra awal kemunculan generasi komputer, salah satunya di awali ole ENIAC.

-Komputer Generasi Pertama (1941-1952)
Di masa – masa awal penemuan komputer, di mana tujuan utamanya untuk membantu proses perhitangan, maka komputer mulai di terapkan di beberapa tujuan, salah satunya penerapan komputer (dan perhitungan matematis) untuk tujuan perang. Komputer generasi pertama (awal) ini diawali dengan persaingan antar negara yang terlibat dalam Perang Dunia 2. Setiap negara yang terlibat dalam peperangan akan berusaha untuk memanfaatkan komputer semaksimal mungkin untuk tujuan memenangkan peperangan. Sebagai contoh, komputer dengan kemampuan perhitungan matematisnya, digunakan sebagai alat untuk mengendalikan pesawat terbang dan peluru kendali (oleh Conrad Suze, insinyur Jerman tahun 1941), serta komputer untuk memecahkan kode rahasia Jerman (Collosus).

Setelah perang Dunia 2 berakhir, komputer tetap berkembang dengan adanya berbagai inovasi tiada henti dari berbagai ilmuwan. Howard H Aiken (1900-1973) dari universitas Hardvard menciptakan kalkulator elektronik US Navy bernama Mark. Selanjutnya diciptakan komputer bernama ENIAC (Electronik Numerical  Integrator and Computer) oleh john Presper Eckert (1919-1995) dan John W. Mauchly (1907-1980), bekerja sama dengan pemerintah Amerika Serikat dan Universitas Pennsylvania di tahun 1946. ENIAC berukuran besar, sehingga memerlukan ruangan yang luas, sangat boros listrik dan kecepatan komputasinya rendah. ENIAC digantikan oleh UNIVAC (Universal Automatic Computer 1) yang berperan dalam proses pemilihan umum tahun 1952 di Amerika Serikat.

Setelah melihat pembahasan sekilas tentang komputer generasi pertama di atas, maka dapat diperoleh informasi penting mengenai ciri khas yang dimiliki. Komputer generasi pertama memiliki ciri khas sebagai berikut :

  1. Instruksi – instruksi yang ditulis untuk komputer generasi pertama dibuat secara khusus untuk fungsi/tugas tertentu saja (spesifik).
  2. Ukuran komputer sangat besar karena pada zama itu masih memakai tube vakum dan silinder magnetik, sehingga memerlukan ruangan yang sangat luas.
  3. Boros energi listrik dengan kecepatan komputasi yang sangat rendah.
  4. Kode mesin yang rumit dan sulit dipahami menjadikan hanya beberapa orang saja yang dapat mengoperasikan komputer di zaman itu.
  5. Belum mengenal adanya sistem operasi dan bahasa pemrograman.

 

 

 

-Komputer Generasi Kedua (1952/1956-1958)
Pada komputer generasi kedua ini, ukuran komputer sedikit lebih kecil dibandingkan komputer generasi pertama. Penemuan teknologi transistor (untuk menggantikan tube vakum dan silinder megnetik) di tahun 1948, memberikan peranan penting terhadap ukuran komputer dan perfomansinya. Namun pemakaian transistor pada komputer baru dimlai secara massal delapan tahun kemudian di tahun 1956. Sehingga komputer generasi kedua dimulai sekitar tahun 1952/1956. Komputer generasi kedua mulai relatif lebih hemat energi, lebih dapat diandalkan, dan relatif lebih cepat performansi dan komputasinya. Hal yang masih di sayangkan adalah komputer generasi kedua masih terbatas untuk super komputer saja. Hal ini menyebabkan hanya kalangan tertentu saja yang dapat memiliki dan menggunaka komputer. Sebagai contoh, perguruan tinggi, perusahaan, dan pemerintahan. para vendor dan pemain IT di era ini antara lain IBM (dengan super komputer Stretch) dan Sprery Rand (dengan super komputer LARC).

Hal yang menarik pada komputer generasi kedua adalah mulai digunakannya bahasa pemrograman. Beberapa bahasa pemrograman yang lahir di masa ini antara lain Common Business Oriented Language(COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN). Bahasa-bahasa pemrograman ini hanya dapat dipahami oleh beberapa orang saja. Hal ini disebabkan karena bahasa pemrograman pada zaman komputer generaasi kedua ini masih terbilang primitif, yaitu dengan adanya sejumlah kode-kode rumit. Selain itu, pada komputer generasi kedua belum ditemukan adanya sistem operasi.

 


-Komputer Generasi Ketiga (1958-1970)

Era komputer generasi ketiga dimulai di tahun 1958, berselang dua tahun setelah pemakaian transistor secara massal ditahun 1956. Inilah bentuk perubahan teknologi yang turut mempengaruhi  perubahan komputer. Pada komputer generasi ketiga ini, mulai ditemukan IC (Integrated Circulator) yang segera menggantikan fungsi dari transistor. Peranan IC di dalam sejarah komputer sangat besar. IC mampu menekan panas yang dihasilkan komputer, mempu mengintegrasikan komponen ke dalam satu chip, sehingga menjadikan ukuran komputer makin kecil dan relatif tidak cepat panas.

Di bidang perangkat lunak, sistem operasi (dengan kernel sebagai intinya) mulai diciptakan untuk komputer. Sistem oprasi di era komputer generasi ketiga ini di mulai mampu menjalankan bebrapa tugas sekaligus (multi tasking). Selain itu, sistem operasi juga mampu melakukan monitoring terhadap memori yang digunakan. Salah satu contoh komputer generasi ketiga adalah IBM S/360.

 

-Komputer Generasi Keempat (1970-1980)
Komputer generasi keempat melanjutkan apa yang telah dilakukan oleh komputer generasi ketiga. Era ini dimulai di tahun 1970. Pada era generasi keempat ini, ukuran sirkuit dan komponen elektronik komputer makin kecil namun dengan performasi yang makin baik. Di awal era ini mulai diciptakan Large Scale Integration (LSI), Very Large Scale Integration (VLSI) di tahun 1980, dan Ultra-Large Scale Integration (ULSI), yang masing-masing mampu meningkatkan jumlah komponen dalam chip hingga mencapai jutaan. Dampak secara ekonomi adalah biaya produksi makin rendah sehingga harga jual komputer makin murah. Hal ini mendorong pemanfaatan komputer untuk pribadi makin meningkat.

Pada era ini, sistem operasi untuk penggunaan pribadi mulai berkembang seiring makin banyaknya tersedia komputer pribadi (personal computer) dengan harga terjangkau. Duet Steve Job dan Steve Wozniak yang menciptakan Mac OS dan perusahaan Apple, menjadi pionir di dalam memasyarakatkan komputer pribadi sekaligus memulai industri komputer pribadi. Siapapun bisa membeli dan menggunakan komputer, bukan hanya perusahaan atau kalangan tertentu saja.

Hal lainnya lagi adalah mulai adanya kemudahan di dalam pemakaian komputer, antara lain dengan tampilan GUI (Graphic User Interface) yang mudah digunakan (user friendly), pemakaian mouse, dan lain – lain. Berturut – turut sistem operasi dan komputer di masaselanjutnya mulai mengadaptasi kemudahan – kemudahan ini.

 

-Komputer Generasi Kelima (1980-saat ini)
Era ini telah kita rasakan saat ini. Banyak negara maju di dunia belomba – lomba menciptakan komputer generasi kelima ini. Beberapa hal yang menjadi ciri khas komputer generasi kelima antara lain :

  1. Implementasi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) pada komputer (perangkat keras dan perangkat lunak) serta kemampuan untuk melakukan analisa, penentu keputusan, sensor, menyajikan virtualisasi 2D ke 3D, dan lain – lain. Teknologi – teknologi seperti Cloud ComputingAugmented Reality(AR), Machine To Machine (M2M),  Smart City, speech recognitionface recognitiontext to speech, speech to text, dan masih banyak lagi teknologi lainnya, membuktikan kejayaan teknologi komputer generasi kelima ini.
  2. Adanya pemrosesan suatu tugas secara parallel, yang melibatkan lebih dari satu komputer (bahkan ratusan dan ribuan komputer dalam satu tempat maupun di berbagai tempat diseluruh dunia. Teknologi ini antara lain grid computing, cluster computing, Cloud Computing, dan masih banyak lagi,  yang merupakan kemajuan dan inovasi dibidang jaringan komputer, perangkat keras, dan perangkat lunak.
  3. Superkonduktor yang lebih andal dan unit pemrosesannya yang jauh lebih banyak. Bukan hanya dalam ukuran yang makin besar, namun juga ke ukuran yang sangat kecil (nano computer).

 
-Komputer Generasi Keenam (Masa Depan)
Era komputer generasi keenam merupakan era komputer masa depan. Terdapat banyak pemikiran, ide, impian, dari para ilmuwan dan pengguna komputer untuk menjadikan komputer masa depan makin canggih, makin mudah digunakan, bahkan makin lebih  menyatu dengan kehidupan manusia. Salah satunya dengan adanya robot dan biochip/komputer nano yang dapat dimasukkan ke dalam tubuh manusia. Untuk saat ini penerapan robot dan nano computer ke arah ini sudah dilakukan, salah satunya pada medis. Meski demikian, secara umum, era ini belum dimulai.

Komputer generasi keenam memiliki ciri – ciri antara lain memiliki kecerdasan menyerupai manusia (artificial intelligence), lebih canggih memiliki bentuk yang lebih beragam, serta mampu melakukan proses prediksi masa depan dan sejumlah kecanggihan lainnya di atas teknologi – teknologi saat ini. Beberapa teknologi ini berangkat dari sejumlah mimpi manusia akan teknologi komputer di masa depan. Kecanggihan – kecanggihan ini bahkan belum dapat terbayangkan untuk pemikiran manusia di zaman sekarang ini.

 

Perangkat Komputer

 

  1. Motherboard

 

Motherboard adalah papan sirkuit yang berfungsi sebagai tempat komponen-komponen komputer seperti processor, harddisk, RAM dan lain sebagainya. Dalam istilah bahasa Indonesia, motherboard diterjemahkan sebagai ‘papan induk’, atau sering juga disingkat menjadi mobo. Motherboard sendiri terdiri dari berbagai macam komponen, seperti konektor power, slot prosesor, north bridge controller, dan socket memori. Motherboard memiliki bentuk seperti papan sirkuit elektronik yang berguna sebagai tempat lalu-lintas data. Dengan adanya motherboard, semua perangkat dalam komputer saling terhubung dan dapat bekerjasama sehingga komputer dapat berjalan dengan lancar.

 

  1. Processor

 

Processor merupakan sebuah IC yang mengontrol seluruh jalannya sebuah sistem komputer. Processor atau CPU (Central Processing Unit) bisa dibilang sebagai otak pada sebuah komputer, karena bertugas melakukan perhitungan maupun memerintah program yang akan dijalankan oleh komputer.

Pada dasarnya, processor berfungsi untuk memproses inputan data menjadi keluaran berupa output. Processor sendiri terletak pada motherboard. Terdapat tiga bagian penting dari processor, yaitu Arithmatics Logical Unit (ALU) yang berfungsi untuk melakukan semua perhitungan aritmatika sesuai instruksi program, Control Unit (pengatur input dan output data), serta Memory Unit (alat penyimpan data).

 

  1. Hard Disk

 

Hard disk atau hard disk drive (HDD) merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai media penyimpanan sekunder. Dalam sebuah harddisk terdapat lebih dari satu piringan yang berfungsi menampung data-data secara magnetis. Berbeda dengan RAM yang menyimpan data atau intruksi secara sementara (hilang ketika komputer dimatikan), harddisk akan menyimpan data seperti musik, dokumen, gambar, video, dll secara permanen (tidak akan hilang meskipun komputer dimatikan, kecuali dihapus pengguna).

Secara umum, terdapat tiga jenis harddisk di pasaran, yaitu IDE (Integrated Drive Electronics), ATA (Advanced Technology Attachment), dan SATA (Serial Advanced Technology Attachment). Ketiganya memiliki keunikan masing-masing, perbedaannya terdapat pada kecepatan putaran piringan yang berpengaruh terhadap kecepatan pengambilan data dalam komputer. Untuk memasang harddisk, perlu diperhatikan dukungan motherboard. Misalnya, jika yang kita miliki adalah harddisk jenis SATA, maka perlu dipasang pada motherboard yang memiliki port SATA juga.

 

  1. PC Cooler/ Heatsink

 

PC cooler/ heatsink merupakan perangkat komputer yang berfungsi mengurangi panas yang dihasilkan oleh komputer. Agar proses mendinginkan panas yang dihasilkan komputer bisa berlangsung secara optimal, heatsink harus dipasang di atas processor, kemudian juga diberikan gel atau pasta agar heatsink ini bisa menempel dengan baik.

Biasanya, heatsink juga dilengkapi dengan kipas yang mempercepat proses pendinginan. Pada perangkat komputer, heatsink yang digunakan biasanya berbahan aluminium yang memiliki konduktivitas panas tinggi sehingga cepat mendinginkan perangkat. Mengingat panas pada komputer dapat merusak hardware lain di dalamnya, maka peranan heatsink ini sangatlah penting.

 

  1. Monitor

 

Monitor merupakan salah satu perangkat keras yang tergolong sebagai alat output yang berfungsi menampilkan hasil pengolahan data berupa grafis. Tiap merek monitor mempunyai ukuran dan resolusi yang berbeda-beda. Jenis-jenis monitor yang paling umum saat ini adalah monitor CRT (Cathode Ray Tube) dan monitor LCD (Liquid Crystal Display).

Kualitas monitor tergantung berdasarkan beberapa aspek, seperti resolusi, waktu respons, tingkat kecerahan, pixel pitch, dan perbandingan kontrasnya. Resolusi sendiri merupakan jumlah pixel yang ditampilkan oleh monitor. Semakin banyak jumlah pixel, maka semakin tinggi resolusi monitor. Waktu respon (dihitung dalam milidetik) merupakan waktu yang dibutuhkan untuk membuat pixel mati atau menyala. Pixel pitch menggambarkan jarak (dalam mm) antara pixel-pixel pada sebuah monitor. Rata-rata pixel pitch sebaiknya kurang dari atau sama dengan 0,28 mm.

 

  1. SSD

 

SSD atau Solid State Drive merupakan inovasi terbaru dari pendahulunya yaitu harddisk. SSD merupakan media penyimpanan yang menggunakan jenis memory solid state untuk penyimpanan datanya. SSD juga memiliki fungsi yang sama seperti hard disk, namun sedikit berbeda dengan hard disk. Data pada SSD disimpan pada chip-chip memori flash yang saling terhubung. Chip-chip tersebut memiliki kecepatan dan reliabilitas yang lebih tinggi dari USB Thumb Drive (UFD). Dalam segi harga, SSD lebih mahal daripada HDD meskipun dengan kapasitas yang sama.

Dibandingkan dengan HDD, SSD memiliki kelebihan berupa akses yang lebih cepat, lebih tahan terhadap guncangan, serta tidak mudah panas. Hanya saja, harganya lebih mahal, sebanding dengan kelebihan yang didapat dan biasanya SSD memiliki kapasitas yang tidak terlalu besar. Untuk Anda yang mengutamakan kapasitas besar, pilihlah komputer dengan fasilitas penyimpan HDD. Namun jika Anda lebih mementingkan perlindungan data dari guncangan, komputer dengan media penyimpanan SSD dapat dipertimbangkan.

 

  1. VGA Card

 

VGA atau Video Graphic Adapter adalah sebuah perangkat keras yang berfungsi mengolah data grafik yang akan ditampilkan oleh monitor. VGA juga memiliki processor yang biasa disebut GPU (Graphic Processing Unit). Biasanya perangkat keras yang satu ini sangat dibutuhkan, khususnya bagi gamer maupun designer. Ada beberapa jenis VGA Card yang bergantung pada slot yang tersedia pada motherboard:

  1. VGA Card ISA: memiliki bentuk lebih panjang dari VGA lainnya, banyak digunakan motherboard tipe lama dengan kapasitas sangat kecil. Digunakan komputer sebelum seri pentium.
  2. VGA Card PCI: versi lebih baru dari ISA, digunakan komputer pentium keluaran awal seperti pentium II, III, dan beberapa IV tipe lama.
  3. VGA Card AGP: memiliki kapasitas yang sudah lumayan besar (128 MB, 256 MB, dsb)
  4. VGA Card PCI Express: dibagi lagi menjadi dua jenis, yaitu PCI Express 16x (bandwith maksimal 4000 MB/s) dan PCI Express 1x (bandwith maksimal 250 MB/s) .

 

  1. Optical Drive

 

Optical drive merupakan salah satu perangkat keras yang berfungsi membaca (read) maupun menulis (write) data dari kepingan CD/ DVD. Terdapat beberapa jenis optical drive yang harus anda ketahui, seperti : CD ROM drive, CD RW drive, DVD ROM drive dan lain-lain.

Kecepatan untuk melakukan transfer data pada optical drive disimbolkan dengan ‘x’. Misalnya saja, untuk CD-RW, ada 3 kelompok angka yang digunakan untuk memberi info kecepatan transfer data, seperti contohnya 48x, 32x, 52x. Tiga angka tersebut menunjukkan kecepatan untuk hal yang berbeda, 48x yang terletak paling depan menunjukkan kecepatan menulis/merekam data, 32x yang berada di tengah menunjukkan kecepatan memformat ulang (register write), sementara 52x menunjukkan kecepatan pembacaan.

 

  1. Power Supply

 

Power Supply merupakan perangkat keras yang berfungsi sebagai penyuplai daya ke komponen-komponen lain seperti motherboard, processor, VGA, dll. Power supply bisa dibilang jantung komputer, jadi mustahil komputer bisa hidup tanpa perangkat yang satu ini.

Jarang orang memperhatikan perangkat keras yang satu ini karena posisinya tertutup casing, namun power supply atau PSU merupakan komponen yang mempengaruhi performa keseluruhan dan daya tahan sistem komputer. Jika power supply tidak bekerja dengan baik, maka akibatnya komputer bisa menjadi tidak stabil atau bahkan rusak karenanya. Pilihlah power supply yang sesuai dengan kebutuhan watt komputer Anda, pastikan juga power supply bukan barang bekas, karena komponen elektronik memiliki waktu terbatas, bisa jadi jika membeli bekas, waktu hidupnya tinggal sebentar saja.

 

  1. RAM

 

RAM atau Random Acces Memory merupakan perangkat keras yang berfungsi menyimpan data maupun intruksi yang dilakukan oleh prosessor. Berbeda dengan hard disk, penyimpanan pada RAM bersifat sementara. Jadi ketika komputer dimatikan, data maupun intruksi yang disimpan oleh RAM akan hilang/ dikosongkan kecuali komputer tersebut dalam mode hibernate.

Dengan menggunakan RAM, pengguna komputer dapat menulis dan membaca data dalam waktu bersamaan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih RAM. Pilihlah RAM dengan kapasitas besar, karena semakin besar kapasitasnya,semakin cepat pula sebuah komputer melaksanakan perintah yang diberikan. Saat ini, kapasitas minimal yang harus Anda miliki adalah RAM sebesar  2GB (untuk komputer & laptop), di masa mendatang pun perangkat lunak semakin berkembang dan membutuhkan kapasitas memori yang semakin besar. Pilih juga RAM yang menawarkan garansi seumur hidup (lifetime).

 

 

  1. Pemanfaatan SI/TI
  • Memudahkan kita dalam memperoleh informasi serta melakukan komunikasi,
  • Terbukanya peluang bisnis yang baru,
  • Adanya peningkatan kualitas serta kuantitas pelayanan publik,
  • Adanya peningkatan layanan informasi jarak jah dalam bidang kesehatan (telemedicine),
  • Terciptanya e-Learning sebagai salah satu sarana dalam memperbaiki sistem pendidikan,
  • Terciptanya lapangan pekerjaan,
  • Memperkaya ilmu dan pengetahuan dalam semua bidang termasuk dalam aspek kebudayaan,
  • Terdorongnya proses demokrasi dalam segala hal.

Manfaat teknologi informasi begitu luas, sehingga tidak bisa Paseban paparkan secara detil satu persatu, tetapi selain manfaat teknologi informasi secara umum terdapat beberapa manfaat teknologi informasi yang bisa kita rasakan dalam beberapa bidang seperti dalam bidang pendidikan baik untuk peserta didik maupun untuk penyelenggara pendidikan, juga dalam bidang pemerintahan, telecenter bagi masyarakat dan lain lain sebagainya. Sebagai pengetahuan tambahan bagi Anda, berikut ini adalah beberapa manfaat teknologi informasi lain berdasarkan beberapa bidang yang bersangkutan, di antaranya :

Bidang Pendidikan

  • Bagi peserta didik, mereka tidak akan ketinggalan informasi mengenai beberapa ilmu dan pengetahuan penting yang bersangkutan dengan pelajaran sekolah, misalnya tentang sejarah suatu negara, budaya dan lain sebagainya.
  • Sumber pengetahuan yang dicari dapat diakses dengan mudah, misalnya mengenai latihan SNMPTN online dalam rangka mempersiapkan diri sebelum menghadapai ujian yang sebenarnya.
  • Bagi penyelenggara pendidikan, setidaknya akan mempermudah dalam menyampaikan materi pembelajaran kepada peserta didiknya,
  • Memungkinkan mereka menjangkau peserta didik yang berada jauh dari tempatnya via program pembelajaran jarak jauh atau virtual,
  • Tersedianya e-library yang akan membantu mereka dalam mengurangi biaya penyediaan buku di perpusatakaan, dan lain sebagainya.

Telecenter bagi Masyarakat

  • Teknologi informasi bisa menjadi sumber informasi dan sarana belajar,
  • Bisa menjadi sarana dalam melihat pasar secara lebih luas melalaui produknya,
  • Menumbuhkan semangat kewirausahaan, seperti contohnya bisa menjual produknya melalui jejaring sosial,
  • Membantu masayarakat dalam mengembangkan perdagangannya melalui sistem e-commerce,
  • Meningkatkan informasi kesehatan dalam mewujudkan masyarakat yang makmur.

Bidang e-Commerce

  • Bagi perusahaan, mereka tidak perlu membuka cabang distribusi yang terlalu banyak,
  • Meringakankan biaya pengeluaran marketing dan gaji karyawan,
  • Bagi konsumen, mereka dapat membeli barang yang dibutuhkan secara luas dan dengan pilihan yang beragam,
  • Menghemat waktu dan biaya transportasi karena tidak perlu mendatangi toko secara langsung,
  • Harga barang biasanya relatif lebih murah dari pada di toko dalam kasus-kasus tertentu.

Selain manfaat teknologi informasi, terdapat pula beberapa dampak yang terjadi akibat majunya teknologi informasi dalam kehidupan bermasyarakat yang perlu Anda ketahui, di antaranya :

  • Sejak ditemukannya kartu kredit, ATM, ponsel bahkan internet banking, dunia Perbankan menjadi berubah secara drastis.
  • Dalam dunia bisnis serta industri, berbagai software aplikasi seperti penglah kata, data, angka dan database perusahaan banyak dimanfaatkan.
  • Terciptanya internet, ponsel dan pendukung komunikasi digital lainnya membuat seseorang menjadi mudah dalam berkomunikasi jarak jauh,
  • Para designer terbantu dengan adanya software seperti AUTOCAD, Coreldraw karena membuat hasil gambarnya lebih akurat dan mendekati aslinya,
  • Pilot-pilot pesawat terbantu dengan adanya sistem pengendalian penerbangan, dan masih banyak perubahan lain yang tidak bisa disebutkan satu persatu.

Bidang Wirausaha/Bisnis

Dalam dunia kerja, internet memiliki banyak sekali manfaat dalam mendukung kegiatan proses bisnis untuk mencapai tujuan perusahaan. Perusahaan yang menolak untuk menggunakan teknologi internet akan terlihat ketinggalan jaman serta menolak untuk melakukan efisiensi. Dengan internet, semua akan terasa lebih mudah, di samping juga ada resiko-resikonya. Selama pimpinan kantor bisa melakukan kontrol penggunaan internet, maka masalah-masalah yang ada akan bisa dikendalikan.

Berikut ini adalah beberapa Keuntungan / Fungsi / Manfaat Internet Bagi Dunia Kerja (Dunia Bisnis) :

  • Memudahkan Telekomunikasi Dengan Biaya Yang Lebih Murah
  • Mudah Melakukan Pemasaran dan Publikasi
  • Bisa Menjual Barang Secara Online
  • Bisa Menjalankan Sistem Aplikasi Terintegrasi Dari Banyak Tempat
  • Mudah Menyebarkan Pemberitahuan Ke Banyak Pegawai
  • Bisa Mencari Pegawai / Karyawan Baru Lewat Internet
  • Mudah Berhubungan Dagang Dengan Banyak Klien Di Luar Negeri
  • Memudahkan Manajemen Untuk Membaca Informasi Dari Satu Sumber
  • Dapat Berinteraksi Langsung Dengan Konsumen Akhir Beserta Agen / Distributor
  • Karyawan Memiliki Fasilitas Hiburan Tambahan Saat Senggang

 

Tidak ada salahnya mencoba untuk mengadopsi internet dalam perusahaan atau usaha yang kita miliki. Tinggal bagaimana kita menyesuaikan pemakaiannya dengan kondisi yang ada. Jika belum paham sebaiknya tanyakan kepada yang paham lalu dipraktekkan.

Adapun Manfaat Lain Internet Dalam Dunia Wirausaha :

Internet saat ini digunakan oleh siapa saja. Tak hanya bermanfaat dalam bidan pendidikan, manfaat internet bagi dunia usaha juga sudah banyak dirasakan oleh para pebisnis. Diera globalisasi yang penuh persaingan seperti sekaran ini, para pelaku bisnis harus pintar-pintar menjalankan bisnis mereka.

Disinilh peran internet dibutuhkan. Banyak yang mengaku bahwa internet adalah teknologi yang sangat berpengaruh pada bisnis yang sedang dijalankan. Tak sedikit pula pebisnis yang sangat sukses berkat bantuan internet.

Bidang Manajemen Kesehatan

  1. Mambantu dalam Membangun Sistem informasi rumah sakit (SIR) secara luas.

Sistem informasi rumah sakit sangat menolong untuk pertukaran informasi antar rumah sakit.

  1. Membantu dalam melakukan manajemen oleh perawat

Teknologi informasi dalam SIKM, dapat digunakan untuk membantu perawat dalam menadta pasien, mengklasifikasikan pasien, catatan personal mengenai riwayat penyakit pasien serta laporan bertahap menganai kondisi dari pasien yang dirawat.

  1. Komputer juga dapat membantu pembuatan Sistem Klasifikasi Pasien
  2. Dengan bantuan alat komputer, dapat membantu dalam menentukan kebutuhan tenaga di ruang rawat, berguna juga untuk memantau klasifikasi klien. Sistem klasifikasi pasien adalah pengelompokan pasien berdasarkan kebutuhan perawatan yang secara klinis dapat diobservasikan oleh perawat.
  3. Alat bantu rekam medik

Komputer di  rumah sakit adalah membantu dalam penerapan rekam medis medis. Pengertian rekam medis berbasis komputer secara prinsip adalah penggunaan database untuk mencatat semua data medis, demografis serta setiap event dalam manajemen pasien di rumah sakit. Rekam medis berbasis komputer akan menghimpun berbagai data klinis pasien baik yang berasal dari hasil pemeriksaan dokter, digitasi dari alat diagnosisi (EKG, radiologi, dll), konversi hasil pemeriksaan laboratorium maupun interpretasi klinis.

  1. Pengembangan E_Health di RS

Pengembangan E-health di Rumah Sakit.  Sebagai contoh, e-Health dapat diterapkan untuk membantu pengembangkan program yang membantu dokter, perawat, dan tenaga kesehatan lainnya saling bertukar infomasi secara elektronik, mengambil data rekam medis pasien kapan dan dimana diperlukan, dan melakukan kolaborasi dengan memberi layanan jasa kesehatan lainnya secara real time melalui internet.

Teknologi informasi sangat berguna dikalangan masyarakat, karena dapat mempermudah seseorang yang sedang mencari sesuatu.dan yang disebutkan diatas adalah hanya baru beberapa saja masih banyak lagi manfaat kegunaan/pemanfaat Teknologi Informasi.

 

 

BAB 2 PERKEMBANGAN PERANGKAT KERAS DAN PERANGKAT LUNAK

 

  1. Pemahaman komponen perangkat keras

Perangkat keras komputer (bahasa Inggrishardware atau disingkat HW) adalah semua bagian fisik komputer, dan dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan dibedakan dengan perangkat lunak(software) yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya.

Batasan antara perangkat keras dan perangkat lunak akan sedikit buram kalau kita berbicara mengenai firmware, karena firmware ini adalah perangkat lunak yang “dibuat” ke dalam perangkat keras. Firmware ini merupakan wilayah dari bidang ilmu komputer dan teknik komputer, yang jarang dikenal oleh pengguna umum.

 

INPUT

Perangkat input adalah (masukkan) perangkat masukan unit komputer yang berkerja memberikan proses perintah secara langsung dengan menghasilkan berupa informasi secara terjemahan digital kepada para pengguna

Berbagai contoh dan macam-macam alat perangkat keras yang merupakan alat input terdiri dari beberapa kegunaan tersendiri, seperti :

  1. Mouse

Mouse adalah perangkat keras input yang berfungsi untuk menggerakkan pointer di layar monitor. Tanpa adanya mouse di sebuah komputer mungkin tidak akan berjalan dengan semestinya, dan mouse sangat bermanfaat digunakan di tampilan sistem operasi yang berbasis grafis

  1. KeyBoard

Keyboard adalah termasuk perangkat keras input komputer yang berfungsi untuk perintah memasukkan angka, huruf, karakter lainnya pada sistem operasi komputer. Tak jarang juga keyboard dikenal dengan istilah papan ketik komputer

  1. JoyStick

Joystick adalah perangkat input komputer yang umumnya berfungsi melengkapi untuk memainkan sebuah permainan di computer

PROSES

Peralatan proses pada komputer adalah perangkat keras yang berfungsi untuk memproses dan mengolah data yang diberikan oleh peralatan input kemudian di keluarkan dalam bentuk informasi ke dalam peralatan output yang akan diterima oleh manusia. Peralatan proses terdiri dari beberapa komponen perangkat keras komputer yang saling berhubungan satu sama lain.

CPU

Komputer tidak akan dapat berjalan tanpa CPU. CPU seringkali dikatakan sebagai otak komputer. Dalam motherboard, CPU memiliki sirkuit tunggal terintegrasi (single integrated circuit) yang dinamakan mikroprosesor. CPU juga memiliki dua komponen dasar, unit kontrol dan Arithmetic/ Logical Unit (ALU).

Unit kontrol menginstruksikan sistem komputer bagaimana mengikuti instruksi sebuah program. Hal tersebut akan menghubungkan langsung data dari dan ke memori prosesor. Unit kontrol menyimpan data sementara, instruksi dan memproses informasi dengan menggunakan unit arithmetic/logic. Sebagai tambahan, unit juga mengontrol sinyal antara CPU dan peranti eksternal seperti hard disk, memori utama dan port I/O.

Arithmetic/Logic Unit (ALU) akan menjalankan kedua operasi arithmetic dan operasi logic. Operasi arithmetic adalah operasi dasar matematika seperti penambahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Operasi logis seperti AND, OR dan XOR digunakan untuk membuat perbandingan dan mengambil keputusan. Operasi logis akan menentukan bagaimana sebuah program akan dieksekusi.
Prosesor akan menangani sebagian besar operasi yang dijalankan oleh komputer dengan memproses instruksi/perintah, mengirimkan sinyal keluar, mengecek hubungan (connectivity) dan memastikan bahwa operasi dan hardware berfungsi sebagaimana mestinya. Prosesor akan bertindak sebagai pengirim pesan pada komponen-komponen seperti RAM, monitor dan disk drive.

Mikroprosesor dihubungkan ke dalam sistem komputer melalui tiga bus. Bus-bus tersebut adalah bus data, bus alamat, dan bus kontrol. Tipe bus akan didiskusikan lebih lanjut dalam modul ini.
Terdapat perusahaan berbeda yang memproduksi CPU.Mereka termasuk Intel, Advanced Micro Devices (AMD) dan Cyrix.Intel dikenal dengan membuat chip CPU berbasis silikon yang merupakan chip modern di tahun 19

 

 

PENYIMPANAN

Peralatan Penyimpanan adalah perangkat komputer yang digunakan untuk menyimpan data baik di dalam maupun diluar puranti komputer. Perangkat penyimpanan dibedakan menjadi dua, yaitu :

  1. Peralatan Penyimpanan Internal
    Memori jenis ini dapat diakses secara langsung oleh prosesor. Memori internal memiliki fungsi sebagai pengingat. Dalam hal ini yang disimpan di dalam memori utama dapat berupa data atau program. Secara lebih tinci, fungsi dari memori utama adalah :
  • Menyimpan data yang berasal dari peranti masukan sampai data dikirim ke ALU (Arithmatic and Logical   Unit) untuk diproses.
    • Menyimpan daya hasil pemrosesan ALU sebelum dikirimkan ke peranti keluaran.
    • Menampung program/instruksi yang berasal dari peranti masukan atau dari peranti pengingat sekunder.

Memori biasa dibedakan menjadi dua macam: ROM dan RAM. Selain itu, terdapat pula memori yang disebut Cache Memory.

  1. Peralatan Penyimpanan Eksternal
    Memori eksternal adalah perangkat keras untuk melakukan operasi penulisan, pembacaan dan penyimpanan data, di luar komponen utama. Macam – macam memori (perangkat penyimpanan) eksternal antara lain :
  2. CD ROOM
    CD-ROM merupakan akronim dari “compact disc read-only memory”adalah sebuah piringan kompak dari jenis piringan optik (optical disc) yang dapat menyimpan data. Ukuran data yang dapat disimpan saat ini bisa mencapai 700MB atau 700 juta bit.
    CD-ROM bersifat read only (hanya dapat dibaca, dan tidak dapat ditulisi). Untuk dapat membaca isi CD-ROM, alat utama yang diperlukan adalah CD Drive. Perkembangan CD-ROM terkini memungkinkan CD dapat ditulisi berulang kali (Re Write / RW) yang lebih dikenal dengan nama CD-RW.
  3. Motherboard
    Motherboard adalah salah satu perangkat utama pada komputer. Pada motherboard inilah perangkat tambahan lainnya dipasangkan. Bentuk ukuran motherboard adalah Baby AT, Micro ATX dan ATX. Jenis-jenis motherboard yang banyak beredar di pasaran misalnya: motherboard Socket 7, Socket 370, Socket A, Slot 1, Slot A, dan Socket 423 untuk Pentium4 Socket 370 ATX Motherboard Socket 423 ATX Motherboard untuk dual core Motherboard Back to diagram.
  4. Memory Computer

Memori computer merupakan bagian terpenting dari komponen komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan informasi yang harus diatur dan dijaga sebaik-baiknya. Memori juga di artikan sebagai perangkat yang amat penting dalam sistem berbasis mikroprosesor, mikrokontroller, maupun PC.Memori digunakan untuk menyimpan data baik yang digunakan sebagai program maupun sebagai penyimpan data yang diproses oleh CPU.
Pengertian menurut istilah memory biasanya merujuk pada media atau tempat untuk menyimpan data. Yang dapat dikatakan bahwa memori merupakan perangkat keras yang khas digunakan untuk menyimpan data atau informasi dan dapat dibaca atau diambil kembali saat diperlukan.
Pada komputer, program (software) yang sedang dijalankan (di-run) dan data yang sedang diproses, disimpan di dalam memori selama program tadi masih aktif bekerja. Memori itu sendiri sebenarnya terdiri dari ‘kotak-kotak’ untuk menyimpan data (karakter). Masing-masing kotak tersebut memiliki alamat atau address sendiri. Dengan menggunakan adres inilah CPU dapat membaca atau menulis data pada memori. Kecepatan pergerakan data keluar masuk memori biasanya sepadan dengan kecepatan kerja CPU itu sendiri. CPU dan memori merupakan bagian yang tak terpisahkan dari sebuah komputer.Secara fisik (hardware), kebanyakan memori berupa chip semikonduktor. Sampai sekarang, terdapat banyak jenis memori yang masing-masing mempunyai sifat atau karakteristik yang khas, walaupun suluruhnya tetap memiliki fungsi pokok, yaitu menyimpan data.

 

OUTPUT

Perangkat output adalah (keluaran) sebuah perangkat dan komponen yang dapat menghasilkan berupa informasi yang sebelumnya diperoleh dari komponen output lalu berproses ke komputer

Contoh macam alat-alat output pada komputer :

  1. Monitor

Monitor adalah perangkat komponen luar yang berfungsi untuk menayangkan dan menampilkan grafis display atau gambar secara langsung dari proses komputer ke monitor

  1. Printer

Printer adalah perangkat komponen luar yang berfungsi untuk mencetak hasil ke dalam sebuah kertas, printer dapat mencetak berupa hasil tulisan maupun gambar

  1. Speaker

Speaker adalah perangkat komponen luar yang berfungsi untuk mengeluarkan berupa suara dari proses komputer secara langsung

 

  1. Pemahaman komponen perangkat Lunak

-Evolusi Perangkat Lunak

Setelah kita membahas rekayasa perangkat lunak, kita sedikit mundur, untuk membahas evolusi perangkat lunak.  Pengembangan perangkat lunak dapat dibagi menjadi 4 tahap, yaitu :

 

 

 

Tahap Pertama (1950 – 1960)

Evolusi perangkat lunak tahap pertama dimulai pada awal 1950-an sampai pertengahan 1960. Pengembangan perangkat lunak pada tahap pertama mempunyai ciri-ciri berorientasi batch, distribusi softwareterbatas untuk kalangan tertentu sehingga apabila ada perusahaan yang ingin dibuatkan software khusus harus memesan terlebih dahulu.

Tahap Kedua ( 1960 – 1970)

Evolusi Perangkat Lunak Tahap Kedua dimulai pertengahan tahun 1960-an sampai awal tahun 1970-an.  Pengembangan perangkat lunak mempunyai ciri-ciri multi user.  Pengguna dari software sudah banyak dan bisa saling berbagi.   Ciri ini menunjukkan ada perkembangan baru yaitu interkasi manusia dan komputer (Human Computer Interaction).

Selain itu, ciri dari tahap kedua ini adalah real time. Real Time disini adalah suatu kondisi dimana sistem dapat mengumpulkan, menganalisa dan mentransformasikan data dari banyak sumber kemudian mengatur proses serta menghasilkan output yang diinginkan.  Dalam tahap ini, sudah banyak juga paket perangkat lunak yang beredar di pasaran serta muncul istilah database dalam perangkat lunak.

Tahap Ketiga (1970 – 1990)

Evolusi Perangkat lUnak tahap ketiga, dimulai pertengahan tahun  1970 sampai awal tahun 1990.  Pengembangan perangkat lunak sudah maju sedemikian pesat.  Perangkat lunak sudah menggunakan sistem terdistribusi, sehingga penyampaian informasi dari komputer sumber ke komputer tujuan akan terasa sangat cepat. Dalam era ini, perangkat keras dari suatu komputer harganya sangat murah.  Selain itu, pesanan perangkat lunak sudah sangat mendominasi dari penyelesaian suatu masalah sehingga penggunaan software pada masa itu sudah sedemikian jauh.

Tahap Keempat (1990 – 2000)

Evolusi Perangkat Lunak Tahap Keempat dimulai tahun 1990 sampai tahun 2000. Pada tahap ini, perangkat lunak sudah mendominasi dari pengembangan perangkat keras, sehingga perangkat keras dalam hal ini komputer sangat dikendalikan oleh suatu sistem operasi.  TIngkat kecerdasan dari perangkat lunak semakin ditingkatkan sehingga perangkat lunak atau software dilatih mempunyai kecerdasan seperti yang dimilik manusia.  Terbukti dengan adanya penemuan kecerdasan buatan, jaringan syaraf tiruan, sistem pakar dan logika fuzzy. Jaringan komputer, pemrosesan komputer paralel sangat mendominasi pada era ini.  Dan, pada masa ini pula pemrograman sudah berorientasi obyek (OOP).

-Klasifikasi Perangkat Lunak

 

Perangkat lunak dapat diterapkan di berbagai bidang seperti bisnis, pendidikan, sektor sosial, dan bidang lainnya. Ini dirancang agar sesuai dengan beberapa tujuan spesifik seperti pemrosesan data, berbagi informasi, komunikasi, dan sebagainya. Hal ini diklasifikasikan menurut berbagai potensi aplikasi. Klasifikasi ini tercantum di bawah ini.

  • System software: Kelas perangkat lunak ini mengelola dan mengendalikan operasi internal sistem komputer. Ini adalah sekelompok program yang bertanggung jawab untuk menggunakan sumber daya komputer secara efisien dan efektif. Misalnya, sistem operasi adalah system software, yang mengendalikan perangkat keras, mengelola fungsi memori dan multitasking, dan bertindak sebagai antarmuka antara program aplikasi dan komputer.
  • Real-time software : Kelas perangkat lunak ini mengamati, menganalisa, dan mengendalikan kejadian dunia nyata saat terjadi. Umumnya, sistem real-time menjamin respon terhadap peristiwa eksternal dalam jangka waktu tertentu. Sebagai contoh perangkat lunak real-time (real-time software) adalah perangkat lunak yang digunakan untuk peramalan cuaca yang mengumpulkan dan memproses parameter seperti suhu dan kelembaban dari lingkungan luar untuk memperkirakan cuaca. Sebagian besar organisasi pertahanan di seluruh dunia menggunakan perangkat lunak real-time untuk mengendalikan perangkat keras militer mereka.
  • Business software : Kelas perangkat lunak ini banyak digunakan di daerah di mana pengelolaan dan pengendalian kegiatan keuangan sangat penting. Komponen fundamental dari sistem bisnis terdiri dari perangkat lunak penggajian, inventaris, dan akuntansi yang memungkinkan pengguna mengakses data yang relevan dari database. Kegiatan ini biasanya dilakukan dengan bantuan perangkat lunak bisnis khusus yang memfasilitasi kerangka kerja yang efisien dalam operasi bisnis dan keputusan manajemen.
  • Engineering and scientific software : Kelas perangkat lunak ini telah muncul sebagai alat bantu yang ampuh dalam penelitian dan pengembangan teknologi generasi berikutnya. Aplikasi seperti studi tentang benda langit, aktivitas di bawah permukaan, dan pemrograman jalur orbit untuk angkutan luar angkasa sangat bergantung pada perangkat lunak teknik dan ilmiah. Perangkat lunak ini dirancang untuk melakukan perhitungan yang tepat terhadap data numerik kompleks yang diperoleh selama lingkungan real time.
  • Artificial intelligence (AI) software : Kelas perangkat lunak ini digunakan dimana teknik pemecahan masalah bersifat non-algoritmik. Solusi dari masalah tersebut umumnya tidak sesuai dengan perhitungan atau analisis langsung. Sebaliknya, masalah ini memerlukan strategi pemecahan masalah spesifik yang mencakup sistem pakar (expert system), pengenalan pola (pattern recognition), dan teknik bermain game (game-playing techniques). Selain itu, mereka melibatkan berbagai jenis teknik pencarian yang mencakup penggunaan heuristik. Peran perangkat lunak kecerdasan buatan (AI software) adalah menambahkan tingkat kecerdasan tertentu ke perangkat keras mekanis agar pekerjaan yang diinginkan dilakukan dengan cara yang tangkas.
  • Web-based software : Kelas perangkat lunak ini bertindak sebagai antarmuka antara pengguna dan Internet. Data di internet berupa teks, audio, atau format video, yang dihubungkan dengan hyperlink. Web browser adalah perangkat lunak yang mengambil halaman web dari Internet. Perangkat lunak ini menggabungkan instruksi eksekusi yang ditulis dalam bahasa script khusus seperti CGI atau ASP. Selain menyediakan navigasi di Web, perangkat lunak ini juga mendukung fitur tambahan yang berguna saat berselancar di Internet.
  • Personal computer (PC) software : Kelas perangkat lunak ini digunakan untuk penggunaan resmi (official) dan pribadi (personal). Pasar perangkat lunak komputer pribadi telah berkembang dalam dua dekade terakhir dari editor teks (text editor) biasa hingga pengolah kata (word processor) dan dari kuas sederhana hingga perangkat lunak editing gambar (image-editing software) tingkat lanjut. Ini telah muncul sebagai alat bantu serbaguna untuk aplikasi rutin.
  1. Perangkat lunak sistem

Perangkat lunak sistem adalah suatu istilah generik yang merujuk pada jenis perangkat lunak komputer yang mengatur dan mengontrol perangkat keras sehingga perangkat lunak aplikasi dapat melakukan tugasnya. Ia merupakan bagian esensial dari sistem komputerSistem operasi adalah suatu contoh yang jelas, sedangkan OpenGL atau pustaka basis data adalah contoh lainnya. Perangkat lunak jenis ini dibedakan dengan perangkat lunak aplikasi, yang merupakan program yang membantu pengguna melakukan tugas spesifik dan produktif, seperti pengolahan kata atau manipulasi gambar.

  • Bahasa Pemrograman

Bahasa pemrograman, atau sering diistilahkan juga dengan bahasa komputer atau bahasa pemrograman komputer, adalah instruksi standar untuk memerintah komputer. Bahasa pemrograman ini merupakan suatu himpunan dari aturan sintaks dan semantik yang dipakai untuk mendefinisikan program komputer. Bahasa ini memungkinkan seorang programmer dapat menentukan secara persis data mana yang akan diolah oleh komputer, bagaimana data ini akan disimpan/diteruskan, dan jenis langkah apa secara persis yang akan diambil dalam berbagai situasi.

Menurut tingkat kedekatannya dengan mesin komputer, bahasa pemrograman terdiri dari:

  1. Bahasa Mesin, yaitu memberikan perintah kepada komputer dengan memakai kode bahasa biner, contohnya 01100101100110
  2. Bahasa Tingkat Rendah, atau dikenal dengan istilah bahasa rakitan (bah.Inggris Assembly), yaitu memberikan perintah kepada komputer dengan memakai kode-kode singkat (kode mnemonic), contohnya kode_mesin|MOV, SUB, CMP, JMP, JGE, JL, LOOP, dsb.
  3. Bahasa Tingkat Menengah, yaitu bahasa komputer yang memakai campuran instruksi dalam kata-kata bahasa manusia (lihat contoh Bahasa Tingkat Tinggi di bawah) dan instruksi yang bersifat simbolik, contohnya {, }, ?, <<, >>, &&, ||, dsb.
  4. Bahasa Tingkat Tinggi, yaitu bahasa komputer yang memakai instruksi berasal dari unsur kata-kata bahasa manusia, contohnya begin, end, if, for, while, and, or, dsb.Komputer dapat mengerti bahasa manusia itu diperlukan program compiler atau

Sebagian besar bahasa pemrograman digolongkan sebagai Bahasa Tingkat Tinggi, hanya bahasa C yang digolongkan sebagai Bahasa Tingkat Menengah dan Assembly yang merupakan Bahasa Tingkat Rendah.

 

Contoh-contoh bahasa pemrograman

-Java

-C

-Python dan masih banyak lagi

 

 

  • Sistem Operasi

Sistem operasi (bahasa Inggrisoperating system) adalah perangkat lunak sistem yang mengatur sumber daya dari perangkat keras dan perangkat lunak, serta sebagai jurik (daemon) untuk program komputer. Tanpa sistem operasi, pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi pada komputer mereka, kecuali program booting.

Sistem operasi mempunyai penjadwalan yang sistematis mencakup perhitungan penggunaan memori, pemrosesan data, penyimpanan data, dan sumber daya lainnya.

Untuk fungsi-fungsi perangkat keras seperti sebagai masukan dan keluaran dan alokasi memori, sistem operasi bertindak sebagai perantara antara program aplikasi dan perangkat keras komputer,[1][2] meskipun kode aplikasi biasanya dieksekusi langsung oleh perangkat keras dan seringkali akan menghubungi OS atau terputus oleh itu. Sistem operasi yang ditemukan pada hampir semua perangkat yang berisi komputer-dari ponsel dan konsol permainan video untuk superkomputer dan server web.

 

Contoh sistem operasi modern adalah LinuxAndroidiOSMac OS X, dan Microsoft Windows

 

 

2.Perangkat lunak aplikasi

Aplikasi perangkat lunak bahasa Inggrissoftware application) adalah suatu subkelas perangkat lunak komputer yang memanfaatkan kemampuan komputer langsung untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan pengguna. Biasanya dibandingkan dengan perangkat lunak sistem yang mengintegrasikan berbagai kemampuan komputer, tetapi tidak secara langsung menerapkan kemampuan tersebut untuk mengerjakan suatu tugas yang menguntungkan pengguna. Contoh utama perangkat lunak aplikasi adalah pengolah katalembar kerja, dan pemutar media.

2.1 Aplikasi Office

Microsoft Office adalah perangkat lunak paket aplikasi perkantoran buatan Microsoft dan dirancang untuk dijalankan di bawah sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS X. Beberapa aplikasi di dalam Microsoft Office yang terkenal adalah ExcelWord, dan PowerPoint. Versi terbaru dari Aplikasi Microsoft Office adalah Office 15 (Office 2013) yang diluncurkan 29 Januari 2013.

2.2 Aplikasi Multimedia

Aplikasi multimedia adalah aplikasi yang dirancang serta dibangun dengan menggabungkan elemen-elemen seperti : dokumen, suara, gambar, animasi serta video. Pemanfaatan dari aplikasi multimedia dapat berupa company profile, video untuk tutorial, e-Learning, maupun Computer Based Training.

Aplikasi Multimedia

Banyak sekali jenis aplikasi multimedia, mulai dari yang sekedar hanya untuk melihat (view) saja sampai dengan membuat dan mengeditnya.

  1. Media Player

Media player adalah jenis perangkat lunak yang digunakan untuk memainkan informasi dalam bentuk audio dan video. Biasanya aplikasi media player saat ini sudah bisa untuk memainkan baik informasi audio maupun video. Beberapa jenis perangkat lunak media player adalah:

  • Windows Media Player, bersifat komersial dan diproduksi oleh Microsoft Corp. Perangkat lunak ini ikut dalam paket Microsoft Windows.Winamp, bersifat freeware/komersial dan diproduksi oleh Nullsoft Inc..
  • WinDVD, bersifat komersial dan diproduksi oleh Intervideo.
  • PowerDVD, bersifat komersial dan diproduksi oleh Cyberlink.
  • Musicmatch Jukebox, bersifat komersial dan diproduksi oleh Musicmatch Inc.
  • DivX Player, bersifat freeware atau komersial, diproduksi oleh DivXNetwork Inc.
  • Real Player, bersifat komersial dan diproduksi oleh Real Networks.
  • XMMS, audio player bersifat open source dan dibawah lisensi GNU General Public License.
  • Xine, DVD player yang bersifat open source dan dibawah lisensi GNU General Public License.
  1. Audio/Video Edtor

Video/audio editor adalah jenis perangkat lunak yang digunakan untuk mengedit dan memanipulasi informasi dalam bentuk video dan audio. Banyak sekali proses dalam mengedit video dan audio, contohnya adalah proses pemotongan, penggabungan, konversi format audio/video, dan manipulasi kualitas audio/video. Beberapa jenis perangkat lunak media player adalah:

  • Adobe Premiere Pro, bersifat komersial dan diproduksi oleh Adobe Systems.
  • Adobe Premiere Elements, bersifat komersial dan diproduksi oleh Adobe Systems.
  • Windows Movie Maker, bersifat komersial dan diproduksi Microsoft Corp.
  • Pinnacle Studio, bersifat komersial dan diproduksi oleh Pinnacle Systems.
  • TMPGEnc, bersifat komersial dan diproduksi oleh Pegasis Inc.

 

2.3 Aplikasi Internet

(Pengertian Aplikasi Internet dan Contoh Aplikasinya) – Saat ini aplikasi internet yang tersedia sudah banyak dan akan terus bertambah, wiring dengan kemajuan teknologi informasi. Aplikasi-aplikasi internet ini kemudian digunakan dalam berbagai bidang, seperti akademik, militer, medis, media massa, periklanan, dan berbagai sektor industri.

 

Dari sekian banyak aplikasi internet yang ada saat ini., yang paling banyak dikenal dan digunakan, antara lain World Wide Web (www), E-mail, Mailing List (milis), News group, Internet Relay Chat, File Transfer Protocol (FTP), Telnet, Gopher, dan Ping. Berbagai aplikasi internet dan contohnya seperti dibawah ini:

 

  • World Wide Web (WWW). WWW adalah dokumen-dokumen internet yang disimpan di server-server yang terdapat di seluruh dunia. Dokumen web dibuat dengan menggunakan format HTML.
  • E-Mail. E-Mail atau surat elektronik adalah aplikasi internet untuk sarana komunikasi surat-menyurat dalam bentuk elektronik. Adapun situs yang memberikan layanan e-mail seperti yahoo!, Gmail, bolehmail dan masih banyak lagi.
  • Mailing List. Mailing list atau Milis adalah aplikasi internet yang digunakan sebagai sarana diskusi atau bertukar informasi dalam satu kelompok melalui e-mail.
  • Newsgroup. Newsgroup adalah aplikasi internetyang digunakan untuk berkomunikasi satu sama lain dalam sebuah forum. Biasanya, anggota forum newsgroup mempunyai kepentingan dan ketertarikan yang sama serta membahas topik-topik tertentu.
  • Internet Relay Chat. IRC adalah aplikasi internet yang digunakan untuk bercakap-cakap di internet. Bercakap-cakap di internet dikenal dengan istilah chatting.
  • File Transfer Protocol. FTP adalah aplikasi internet yang digunakan untuk mengirimkan atau mengambil file ke atau dari komputer lain. FTP biasa digunakan untuk download dan upload file.
  • Telnet.Telnet adalah aplikasi internet yang digunakan untuk mengakses komputer yang letaknya jauh. Telnet dapat digunakan jika kita mempunyai IP Address dengan User ID and Password ke komputer tersebut.
  • Gopher. Gopher adalah aplikasi yang digunakan untuk mencari informasi yang ada di internet. Namun, informasi yang didapat hanya terbatas pada teks saja.
  • Ping adalah Packet Internet Gopher yang digunakan untuk mengetahui apakah komputer yang kita gunakan terhubung dengan komputer lain di internet.

 

Sumber

SUMBER

Sejarah Si

http://www.sistem-informasi.xyz

 

Sejarah TI

http://machmudi21.blogspot.com/2013/10/sejarah-dan-perkembangan-teknologi.html

 

Perkembangan Komputer

https://dedyrn.blogspot.com/2016/10/perkembangan-teknologi-komputer-dari.html

 

Perangkat pada komputer

https://www.nesabamedia.com/pengertian-dan-macam-macam-perangkat-keras-komputer/

 

Pemanfaatan SI dan TI

https://www.linkedin.com/pulse/manfaat-dan-kegunaan-dari-teknologi-informasi-jm-wilson-purba

 

BAB 2

 

Pemahaman perangkat keras

https://id.wikipedia.org/wiki/Perangkat_keras

 

Perangkat Input dan Output

https://www.barisan.info/pengertian-perangkat-input-dan-output-komputer-beserta-contoh-fungsinya/

 

Perangkat Proses

http://blog.unnes.ac.id/ayukwitantri/2016/03/21/perangkat-proses-pada-komputer/

 

Perangkat Penyimpanan

http://gilang-pribadi.blogspot.com/2012/12/pengertian-peralatan-penyimpanan.html

 

Evolusi Perangkat Lunak

https://trisnowlaharwetan.wordpress.com/2010/03/11/evolusi-perangkat-lunak/

 

Klasifikasi perangkat lunak

http://rpl.st3telkom.ac.id/karakteristik-dan-klasifikasi-perangkat-lunak/

 

Perangkat lunak sistem

https://id.wikipedia.org/wiki/Perangkat_lunak_sistem

 

Bahasa Pemrograman

https://id.wikipedia.org/wiki/Bahasa_pemrograman

 

Aplikasi perangkat lunak

https://id.wikipedia.org/wiki/Aplikasi

 

Aplikasi Office

https://id.wikipedia.org/wiki/Microsoft_Office

 

Aplikasi Multimedia

https://hestimickey.wordpress.com/2017/05/09/pengertian-multimedia-dan-aplikasi-multimedia/

 

Aplikasi internet

http://www.diwarta.com/2012/03/

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s